KUALITAS LAYANAN BIMBINGAN BELAJAR ”ANAK HEBAT” BAGI ORANG TUA SISWA LEMBAGA BIMBINGAN BELAJAR ANAK HEBAT (AHe)

Authors

  • Jasra Putra Universitas Muhammadiyah Bogor Raya
  • Helwiyah Makarim Universitas Muhammadiyah Bogor Raya
  • Yuni Pramita Universitas Muhammadiyah Bogor Raya

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui kualitas pelayanan bimbingan belajar anak hebat, sehingga memberikan pengaruh pada tingkat kepuasan orang tua siswa sebagai seorang yang menggunakan jasa bimbingan belajar untuk peningkatan kemampuan anak. Penelitian ini menggunakan penelitian korelasional yang dilaksanakan di Lembaga Bimbingan Belajar Anak Hebat (AHe) Unit Cimanggu II Kecamatan Cibungbulang Kabupaten Bogor dengan jumlah sampel 30 orang tua siswa. Pengambilan data melalui metode angket, observasi, dan wawancara. Berdasarkan jawaban responden, diketahui bahwa kualitas pelayanan bimbingan belajar anak hebat (variabel X) dalam kategori sedang. Hal ini didasarkan pada perolehan skor dari jawaban responden, yang menunjukkan kategori rendah sebanyak 40 % dengan frekuensi 12 orang, kategori sedang sebanyak 43,33 % dengan frekuensi 13 orang, dan pada kategori tinggi sebanyak 16,67% dengan frekuensi 5 orang. Sedangkan (variabel Y) pada kategori sedang. Hal ini didasarkan pada perolehan skor dari jawaban responden, yang menunjukkan kategori rendah sebanyak 23,33 % dengan frekuensi 7 orang, kategori sedang sebanyak 40 % dengan frekuensi 12 orang, kategori tinggi sebanyak 36,67% dengan frekuensi 11 orang Hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara kualitas pelayanan bimbingan belajar anak hebat terhadap kepuasan orang tua siswa . Hal ini dapat dilihat dari perolehan perhitungan angka dengan rumus product moment yang memperoleh nilai rxy sebesar rhitung > rtabel = 0.570 > 0.463 dengan taraf signifikansi kesalahan 1 %, sedang bila diambil taraf signifikansi kesalahan 5 % diperoleh nilai rxy sebesar rhitung > rtabel = 0.570>0.361. sedangkan berdasarkan perhitungan koefisien determinasi didapat 32,5% hal ini menunjukkan bahwa kualitas pelayanan memberikan pengaruh terhadap kepuasan orang tua siswa sebesar 32,5% sedangkan 67,5% dipengaruhi oleh faktor lainnya. Dengan demikian, hipotesis yang menyatakan terdapat pengaruh potitif dan signifikan antara kualitas pelayanan bimbingan belajar anak hebat terhadap kepuasan orang tua dapat diterima.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2024-07-27

How to Cite

Jasra Putra, Helwiyah Makarim, & Yuni Pramita. (2024). KUALITAS LAYANAN BIMBINGAN BELAJAR ”ANAK HEBAT” BAGI ORANG TUA SISWA LEMBAGA BIMBINGAN BELAJAR ANAK HEBAT (AHe) . JEALO, 6(1), 25–32. Retrieved from http://journal.umbogorraya.ac.id/index.php/JEALO/article/view/320

Issue

Section

Articles