PERAN ORANG TUA DALAM MENDUKUNG KREATIVITAS BELAJAR MATEMATIKA ANAK USIA DINI DI MASA PANDEMI COVID-19
Main Article Content
Abstract
Pandemi Covid-19 berdampak pada semua sektor, salah satunya adalah sektor Pendidikan. Kegiatan belajar mengajar yang biasanya dilakukan di sekolah, kini harus dilakukan di rumah. Berbagai cara dilakukan oleh lembaga pendidikan anak usia dini, mulai dari Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) hingga pemberian tugas di rumah agar pembelajaran dapat berlangsung dengan baik. Pembelajaran matematika anak usia dini sangat penting dilakukan meskipun dalam masa pandemi. Anak usia dini dapat melakukan kegiatan matematika sambil bermain di rumah masing-masing. Hal ini akan mengeksplorasi kreativitas anak melalui pembelajaran yang menyenangkan. Kegiatan belajar di rumah tentu memerlukan pendampingan orang tua. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif melalui observasi, dokumentasi, dan wawancara. Hasil penelitian memberikan informasi bahwa orang tua memiliki peran penting dalam keberlangsungan kegiatan kegiatan pembelajaran yang menyenangkan dan bermakna bagi anak usia dini sehingga anak dapat mengeksplorasi kreativitasnya dalam belajar matematika di masa pandemi Covid-19. Kegiatan pembelajaran matematika yang menyenangkan dan bermakna dapat dilakukan melalui permainan atau pengenalan benda-benda nyata yang ada di lingkungan anak. Kegiatan tersebut dapat membuat anak merasa nyaman dalam belajar dan tujuan pembelajaran dapat tercapai.