PELATIHAN MOTIVASI DIRI PELAJAR SMA SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN PARTISIPASI DALAM MENGHADAPI TUGAS KELOMPOK

Main Article Content

Kimmy Katkar
Pundani Eki Pratiwi
Purwaningtyastuti Purwaningtyastuti
Anna Dian Savitri

Abstract

Tugas kelompok merupakan salah satu bentuk proses untuk mengembangkan kompetensi diri dengan adanya tanggung jawab dari setiap anggota kelompok. Namun karena kurangnya motivasi diri bisa mendorong munculnya sikap pasif pada individu saat berada dalam kelompok. Sikap pasif yang dilakukan dapat berkembang menjadi emosi negatif karena tidak adilnya pembagian tugas yang dikerjakan dan pada akhirnya dapat menyebabkan hasil kerja kelompok menjadi tidak maksimal. Tujuan dari kegiatan pengabdian ini adalah untuk membantu meningkatkan motivasi diri sebagai upaya meningkatkan partisipasi dalam menghadapi tugas kelompok. Metode pelaksanaan dalam kegiatan pengabdian ini dilakukan secara online melalui media zoom dengan diberikan ceramah, studi kasus dan game. Kegiatan dievaluasi dengan menggunakan model pengukuran pretest dan post-test. Berdasarkan hasil analisa dengan menggunakan metode pengkodean deskriptif didapatkan ada peningkatan motivasi diri pada pelajar dari sebelum dan setelah diberikan pelatihan. Kegiatan yang sudah dilakukan sangat bermanfaat bagi pelajar, dengan adanya peningkatan motivasi diri sehingga pelajar lebih termotivasi untuk aktif berpartisipasi dalam mengikuti segala aktivitas proses pembelajaran termasuk mengerjskan tugas kelompok.

Article Details

How to Cite
Katkar , K. ., Pratiwi , P. E. ., Purwaningtyastuti, P., & Savitri , A. D. . (2021). PELATIHAN MOTIVASI DIRI PELAJAR SMA SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN PARTISIPASI DALAM MENGHADAPI TUGAS KELOMPOK. Journal Fascho in Education Conference-Proceedings, 2(1). https://doi.org/10.54626/proceedings.v2i1.106
Section
Articles