PERAN E-LEARNING SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DI SMKN 3 KUNINGAN Penelitian Survey

Main Article Content

Ayu Pangestu
Nuur Wachid Abdul Majid

Abstract

Era digital memberikan dampak pada bidang pendidikan yang dapat mengubah pola pembelajaran tradisional menjadi pola pembelajaran modern. Pemanfaatan teknologi digital dalam pembelajaran dapat diterapkan dalam sebuah konsep yang dikenal dengan istilah e-learning. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana peranan e-learning sebagai media pembelajaran daring di SMKN 3 Kuningan yang dapat membantu dalam proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik pengumpulan data survei dan dokumentasi. Jumlah responden pada survei yang dilakukan terdapat 36 responden yang merupakan guru mata pelajaran di SMKN 3 Kuningan. Dari hasil pengolahan data dan analisis diperoleh hasil bahwa sebesar 89% telah menggunakan e-learning secara maksimal oleh para guru dan sebesar 78% guru berpendapat bahwa e-learning telah mumpuni sebagai media pembelajaran interaktif, hal ini dikemukakan berdasarkan dari pengalaman penggunaan. Kelebihan seperti memudahkan guru dalam menyampaikan materi, mudah diakses dimana dan kapan saja, serta dapat melakukan diskusi memlalui fitur yang tersedia menjadi latar belakang peranan e-learning sangat membantu dalam proses pembelajaran.

Article Details

How to Cite
Pangestu , A., & Abdul Majid, N. W. . (2021). PERAN E-LEARNING SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DI SMKN 3 KUNINGAN: Penelitian Survey. Journal Fascho in Education Conference-Proceedings, 2(1). https://doi.org/10.54626/proceedings.v2i1.107
Section
Articles