EFEKTIVAS PENGGUNAAN PADLET PADA PEMBELAJARAN DARING
Main Article Content
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah :1) mengetahui pengetahuan mahasiswa sebelum dan setelah diberikan perlakuan pembelajaran dengan menggunakan aplikasi padlet, 2) mengetahui pengetahuan mahasiswa sebelum dan setelah diberikan perlakuan pembelajaran tanpa penggunaan aplikasi padlet, 3) mengetahui perbedaan pengetahuan mahasiswa yang diberi perlakuan pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran digital dengan mahasiswa yang pembelajaran tanpa menggunakan aplikasi padlet, 4) mengetahui besarnya efektivitas aplikasi padlet dalam meningkatkan pengetahuan mahasiswa. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi Experimental dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Penelitian dilaksanakan di FMIPA Universitas Negeri Medan jurusan pendidikan matematika dimana sampel penelitian ini adalah kelas PSPM 21D (kelas control) dan PSPM 21F (kelas eksperimen) secara berurutan berjumlah 45 dan 44 mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa:1) Terdapat perbedaan pengetahuan mahasiswa kelas eksperimen sebelum dan setelah mengikuti pembelajaran dengan aplikasi padlet yaitu 47,38 menjadi 78,58. 2) Terdapat perbedaan pengetahuan mahasiswa kelas kontrol sebelum dan setelah mengikuti pembelajaran tanpa penggunaan aplikasi padlet yaitu 46,97 menjadi 71,23. 3) Peningkatan pengetahuan mahasiswa kelas eksperimen lebih besar atau lebih cepat daripada peningkatan pengetahuan mahasiswa kelas kontrol yaitu 78,58 > 71,23. 4). Besarnya selisih laju peningkatan kelas eksperimen lebih besar 7,35 sehingga menunjukkan penggunaan aplikasi padlet lebih efektif dari pada yang tanpa penggunaan aplikasi padlet.