HUBUNGAN SIKAP BAHASA DAN MOTIVASI BELAJAR BAHASA DENGAN PENGUASAN BAHASA BAKU BAHASA INDONESIA: SURVEI PADA GURU SD DI KOTA DEPOK

Main Article Content

Yusuf Haryanto
Triyanto
Suriyani

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menemukan dan menganalisis secara empiris hubungan sikap bahasa dan motivasi belajar bahasa secara parsial ataupun bersama-sama dengan penguasaan kata baku bahasa Indonesia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei dengan teknik korelasional. Populasi terjangkau pada penelitian ini adalah guru SD di Kota Depok yang berjumlah 60 orang. Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan sikap bahasa dan motivasi belajar bahasa baku secara bersama-sama dengan penguasaan bahasa baku; adanya hubungan sikap bahasa secara parsial dengan penguasaan bahasa baku; adanya hubungan motivasi belajar bahasa baku secara parsial dengan penguasaan bahasa baku, dan variabel motivasi belajar bahasa baku lebih dominan berhubungan dengan penguasaan bahasa baku daripada sikap bahasa.

Article Details

How to Cite
Haryanto, Y., Triyanto, & Suriyani. (2021). HUBUNGAN SIKAP BAHASA DAN MOTIVASI BELAJAR BAHASA DENGAN PENGUASAN BAHASA BAKU BAHASA INDONESIA: SURVEI PADA GURU SD DI KOTA DEPOK. Journal Fascho in Education Conference-Proceedings, 2(1). https://doi.org/10.54626/proceedings.v2i1.113
Section
Articles